SELAMAT DATANG DI SMA ISLAM AL HIKMAH MAYONG CERDAS BERWAWASAN DAN BERKEPRIBADIAN

Selasa, 26 Mei 2009

BAGAIMANA HARD DISK BEKERJA..???





Saat Anda menyimpan data, di dalam komputer berlangsung suatu proses yang sangat kompleks. Mulai dari penerjemahan data hasil hentakan keyboard, pengiriman data ke motherboard dan akhirnya masuk ke dalam hard disk.
Data dari mother board dibaca oleh drive controller PCB pada hard disk dan menjadi perintah-perintah tertentu yang akan menggerakkan head arm. Begitulah, head atau jarum optik kemudian bergerak di atas cakram penyimpan data yang berkecepatan tinggi dan menuliskan data yang Anda simpan ke dalam track.
Setiap track biasanya mampu menampung data 100.000 byte atau lebih. Agar lebih efisien dan bisa menyimpan file berukuran kecil, track dibagi menjadi beberapa sektor yang dapat menyimpan data sebesar 512 byte.
Kebanyakan hard disk modern memiliki dua atau tiga cakram dengan satu head pada setiapnya. Pada modem lama head akan menekan cakram saat menulis data dan kemudian mengambang saat nonaktif. Desain ini disebut CSS (contact Star Stop).
Bila head menekan cakram secara terus menerus, maka bisa terjadi kerusakan hard disk yang disebut head crash. Jika terjadi berulang kali, cakram dapat tergores dan mengakibatkan hilangnya data atau bad sector.
Pada hard disk modern, potensi kejadian seperti itu lebih kecil, karena mekanismenya berganti menjadi load/ unload. Mekanisme baru ini mencegah kontak langsung antara head dengan cakram, baik saat PC dalam keadaan menyala atau mati.
Walau demikian, hard disk tetaplah merupakan komponen PC yang rawan rusak, sehingga sebaiknya dijalankan secara normal. Kerusakan hard disk paling sering adalah akibat crash program, tegangan listrik yang tak stabil, goncangan atau terjatuh.

Tidak ada komentar: